Aliran Sesat Muncul di Situbondo

Agus Ainul Yaqin


Liputan6.com, Situbondo: Aliran yang diduga sesat muncul di Situbondo, Jawa Timur. Aliran tersebut bernama Brayat Agung Mojopahit. Selebaran ajaran Brayat Agung Mojopahit tersebar di Desa Gelung, Situbondo, Senin (18/1). Di selebaran itu tertulis ajaran yang isinya melukai umat Islam. Selain menghina Muhammad SAW, ajaran itu juga melarang pengikutnya salat lima waktu dan puasa Ramadhan.

Warga resah karena saat ini sudah ada beberapa orang yang mengikuti ajaran Brayat Agung Mojopahit, termasuk beberapa santri. Sejak ajaran ini menjadi perbincangan warga, pemimpinnya, Agung atau oleh pengikutnya dipanggil Pangeran Agung tiba-tiba hilang. Rumahnya juga selalu kosong. Tak seorang pun warga mengetahui keberadaannya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Situbondo kini sedang mengkaji aliran tersebut. Namun dari dokumen dan laporan yang diterima, MUI meyakini jika ajaran aliran itu menyimpang dari syariat Islam, sesat dan menyesatkan. MUI juga mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya pada ajaran yang tidak jelas sumbernya itu. Selain itu masyarakat juga tidak menyelesaikan masalah ini dengan kekerasan.(IAN)

sumber : http://berita.liputan6.com/daerah/201001/259652/Aliran.Sesat.Muncul.di.Situbondo

0 komentar: